Tips belanja online dengan bijak

Di posting pada 14 Apr 2023 08:33

Di zaman yang serba maju ini, berbagai hal semakin mudah dilakukan. Salah satunya dalam bertransaksi barang,jika dulu kita harus datang ke toko untuk berbelanja, kini kita bisa memesan barang yang ingin dibeli hanya bermodalkan gadget.meski saat ini semua barang bisa dibeli secara online, tetap ada saja oknum jahat yang melakukan penipuan. Banyak penipuan akhirnya terjadi saat kita akan bertransaksi, misalnya barang tidak sampai ke tujuan, barang yang dikirim rusak, dan masih banyak lagi contohnya.


Karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui bagaimana berbelanja online secara aman agar tidak mudah tertipu ataupun dimanfaatkan orang tak bertanggung jawab. berikut tips anti kena tipu buat kamu :

1. Lihat Gambar produk


Salah satu tips belanja online adalah lihat gambar produk. Cek apakah gambar tersebut asli atau terlihat seperti editan. Pastikan juga kalau gambar tersebut bukan hasil curian atau ambil dari toko lain, kecuali jika toko tersebut memang toko reseller, biasanya toko akan mengunggah foto yang sama dengan official store tempat toko tersebut mengambil barang. Tanyakan dengan detail kepada toko apakah gambar tersebut sesuai dengan barang atau tidak.

2.Cek deskripsi pada keterangan barang


Kebanyakan orang terlalu malas membaca deskripsi sehingga mudah tertipu.so, jangan malas untuk baca deskripsi, ya.

3. Lakukan Riset pada Barang


Dengan cara bandingkan barang tersebut dari toko satu ke toko lain sehingga kamu tahu jika ada sesuatu yang aneh. Selain dari toko satu ke toko lain, kamu juga bisa melakukan riset di berbagai marketplace.Dengan melakukan riset ini kamu akan tahu perbandingan harganya sehingga bisa memilih mana yang paling baik.

4. Simak Review pembeli sebelumnya


selalu baca dan lihat review dari pembeli sebelumnya. Biasanya, di bagian bawah katalog produk, akan ada review dari pembeli. Di situ, kamu bisa melihat foto-foto barang yang sudah dikirimkan, apakah sesuai dengan foto yang dipajang atau tidak. Tak hanya itu, pembeli lain juga akan menjelaskan bagaimana kualitas barang. Jika banyak review baik, berarti barang di toko tersebut memang layak untuk dibeli.

5.Periksa syarat dan ketentuan


Setiap toko tentunya memiliki kebijakan masing-masing tentang garansi, syarat pengembalian, dan lain-lain. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, kamu dapat berbelanja lebih aman dan nyaman lagi karena kamu sudah tahu apa yang harus kamu lakukan ketika misalnya ingin mengembalikan atau mengaktifkan garansi dari barang tersebut.

6.Pilih metode bayar yang tepat


Jika kamu sudah yakin dengan barang yang ingin kamu beli,pastikan kamu memilih metode bayar yang tepat.Pilih metode bayar yang jelas ada di marketplace dan hindari untuk membayar langsung ke penjual Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya penipuan. Ketika membeli barang di marketplace, jika barang tidak sampai, maka uangmu akan kembali. Saat ini juga ada metode lain yang populer, yakni COD atau Cash on Delivery, di mana kamu bisa membayar barang saat barang tersebut diantar ke tempat kamu.

7. Simpan bukti pembayaran


Dengan menyimpan bukti ini, kamu bisa mencegah adanya penipuan karena kamu memiliki bukti yang kuat.

8. Patikan toko online terpecaya


pilihlah toko online yang memang terpercaya. Kamu bisa memilih official store dari produk tersebut atau memilih toko yang sudah memiliki kredibilitas yang tinggi. Jika berbelanja di e-commerce, biasanya kualitas toko dibuktikan dengan adanya label-label khusus seperti Merchant Pro atau Star Seller.














Copyright © 2022 Frontier Apps