Fakta Dunia Teknologi yang Harus Kamu Ketahui

Di posting pada 18 Jan 2023 10:21

Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi akan terus berkembang dan menemukan hal-hal baru. Di balik kecanggihannya yang sangat memudahkan manusia, teknologi memiliki hal-hal yang menarik untuk dibahas. Langsung simak ulasan seputar fakta dunia teknologi yang mungkin akan sangat menarik bagi kamu.

1. Halaman situs pertama di dunia masih bisa dikunjungi

Taukah kamu halaman situs pertama di dunia masih bisa kamu lihat dan kamu kunjungi sekarang yakni, World Wide Web atau yang sering disingkat WWW.
World Wide Web atau yang sering disingkat WWW sendiri ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1989. Sementara itu, halaman situs pertama ditayangkan dua tahun setelah penemuan WWW, yaitu pada tahun 1991.
Menariknya, situs pertama ini masih tersedia dan bisa dikunjungi. Caranya, kamu bisa mengunjungi situs info.cern.ch, lalu klik fitur "Browse the first website". Situs ini masih tersedia sebagai arsip sejarah.

2. Fungsi rancangan keyboard QWERTY untuk memperlambat mengetik

Mengapa keyboard yang kita gunakan saat ini tidak tersusun sesuai abjad? Ternyata, keyboard QWERTY yang kita gunakan saat ini dirancang untuk mengatasi masalah teknis pada mesin tik. Tata letak keyboard QWERTY ini dirancang oleh E. Remington and Sons.

Pada tahun 1970-an, versi awal dari mesin tik memiliki sedikit masalah teknis. Pada saat itu, rancangan dari keyboard disusun sesuai dengan abjad.

Hanya saja, saat menekan tombol yang berdekatan secara berurutan, tombol akan macet dan bentrok. Alhasil, untuk mengatasi permasalahan tersebut, Christopher Latham Sholes mengubah desain dan tata letak pada keyboard.

3. Telepon genggam pertama diciptakan oleh perusahaan Motorola


Salah satu pendiri dari beberapa perusahaan komunikasi yang bernama Martin Cooper disebut sebagai father of the handheld cell phone atau "bapak dari telepon genggam”. Martin Cooper saat itu bersama dengan sebuah perusahaan telekomunikasi multinasional Amerika Serikat yang kini populer dengan nama Motorola menemukan telepon genggam pertama.

Pada tahun 1983, Martin Cooper menjadi pemimpin perusahaan Motorola dan membawa penemuannya ke pasaran. Punya status sebagai bapak dari telepon genggam, ia juga lah orang pertama yang melakukan panggilan telepon genggam di depan umum.


4. Kemajuan teknologi menghasilkan banyak sampah elektronik (E-Waste)

Ketergantungan manusia terhadap teknologi membuat perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang produksi barang elektronik melakukan produksi besar-besaran. Produksi barang elektronik seperti ponsel, komputer, dan barang elektronik lainnya menimbulkan masalah limbah elektronik dari tahun ke tahun.

Sebagai pencegahan sederhana yang bisa kita lakukan saat ini dari permasalahan sampah elektronik yaitu dengan memanfaatkan barang teknologi yang kita punya semaksimal mungkin sambil tetap memanfaatkan barang elektronik yang masih berfungsi dan tidak cepat gonta-ganti barang elektronik. Selain itu, perusahaan-perusahaan juga harus mulai memikirkan solusi mendaur ulang limbah elektronik.

Sebagai pengguna teknologi dan barang-barang elektronik, pembahasan mengenai teknologi seharusnya menjadi sesuatu hal yang menarik. Seperti peribahasa "tak kenal maka tak sayang", mengenali lebih dalam mengenai teknologi harusnya mulai dilakukan oleh para konsumen atau pengguna teknologi di seluruh dunia.

Copyright © 2022 Frontier Apps